OLAH BATIN DENGAN MEDITASI


Dalam olah batin, meditasi adalah salah satu proses usaha untuk meningkatkan pengembangan pribadi seseorang secara total. Tidaklah semudah menyebutkannya, namun yang dapat dilakukan adalah memberi gambaran berbagai pengalaman dari mereka yang melakukan meditasi, berdasarkan pengalaman penulis bahwa meditasi dapat dirumuskan sebagai berikut:

1. Melihat ke dalam diri sendiri

2. Mengamati, refleksi kesadaran diri sendiri

3. Melepaskan diri dari pikiran atau perasaan yang berobah-obah, membebaskan keinginan duniawi sehingga menemui jati dirinya yang murni atau asli.

Tiga hal tersebut diatas baru awal masuk ke alam meditasi, karena kelanjutan meditasi mengarah kepada sama sekali tidak lagi mempergunakan panca indera ( termasuk pikiran dan perasaan ) terutama ke arah murni mengalami kenyataan yang asli.

pengalaman meditasi akan berbeda pada setiap orang, karena pengalaman dalam bermeditasi banyak dipengaruhi oleh latar belakang temperamen, watak dan tingkat perkembangan spiritual, serta tujuan meditasi dengan kulit atau baju kebudayaan orang yang sedang melaksanakan meditasi.

Secara umum orang yang melakukan meditasi yakin adanya alam lain selain yang dapat dijangkau oleh panca indera biasa. Oleh karena itu mungkin sekali lebih tepat jika cara-cara meditasi kita masukkan ke golongan seni olah bathin dari pada ilmu olah bathin. Cara dan hasil meditasi dari banyak pelaku olah batin dari berbagai agama besar maupun perorangan dari berbagai bangsa, banyak menghasilkan kemiripan-kemiripan yang hampir-hampir sama, tetapi lebih banyak mengandung perbedaan dari pribadi ke pribadi orang lain. Oleh karena itu kita dapat menghakimi hasil temuan orang yang bermeditasi, justru keabsahan meditasinya tergantung kepada hasilnya, umpamanya orang yang bersangkutan menjadi lebih bijaksana, lebih merasa dekat dengan Tuhan, merasa kesabarannya bertambah, mengetahui kesatuan alam dengan dirinya dan lain-lainnya.

Keadaan hasil yang demikian, sering tidak hanya dirasakan oleh dirinya sendiri, tetapi juga oleh orang-orang ( masyarakat ) di sekitar diri orang tersebut karena tingkah-lakunya maupun ucapan-ucapannya serta pengabdiannya kepada manusia lain yang membutuhkan bantuannya, mencerminkan hasil meditasinya.

Cara-cara dan akibat bermeditasi.

Cara bermeditasi banyak sekali.

Ada yang memulai dengan tubuh, arti meditasi dengan tubuh adalah mempergunakan menyerahkantubuh ke dalam situasi hening. Lakunya adalah dengan mempergunakan pernafasan, untuk mencapai keheningan, kita menarik nafas dan mengeluarkan nafas dengan teratur. Posisi tubuh carilah yang paling anda rasakan cocok / rileks, bisa duduk tegak, bisa berbaring dengan lurus dan rata. Bantuan untuk lebih khusuk jika anda perlukan, pergunakan wangi-wangian dan atau mantra, musik yang cocok dengan selera anda, harus ada keyakinan dalam diri anda, bahwa alam semesta ini terdiri dari energi dan cahaya yang tiada habis-habisnya. Keyakinan itu anda pergunakan ketika menarik dan mengeluarkan nafas secara teratur.

Ketika menarik nafas sesungguhnya menarik energi dan cahaya alam semesta yang akan mengharmoni dalam diri anda, tarik nafas tersebut harus dengan konsentrasi yang kuat. Ketika mengelurkan nafas dengan teratur juga, tubuh anda sesungguhnya didiamkan untuk beberapa saat. Jika dilakukan dengan sabar dan tekun serta teratur, manfaatnya tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja tetapi juga ikut menumbuhkan rasa tenang.

Bermeditasi dengan usaha melihat cahaya alam semesta, yang dilakukan terus menerus secara teratur, akan dapat menumbuhkan ketenangan jiwa, karena perasaan-perasaan negatif seperti rasa kuatir atau takut, keinginan yang keras duniawi, benci dan sejenisnya akan sangat berkurang, bahkan dapat hilang sama sekali, yang hasil akhirnya tumbuh ketenangan. Meditasi ini harus juga dilakukan dengan pernafasan yang teratur.

Kesulitan yang paling berat dalam bermeditasi adalah “mengendalikan pikiran dengan pikiran“ artinya anda berusaha “ mengelola “ pikiran-pikiran anda, sampai mencapai keadaan “ Pikiran tidak ada “ dan anda tidak berpikir lagi, salah satu cara adalah “ mengosongkan pikiran “ dengan cara menfokuskan pikiran anda kepada suatu cita-cita, umpamanya cita-cita ingin menolong manusia manusia lain, cita-cita ingin manunggal dengan Tuhan. Cita-cita ingin berbakti kepada bangsa dan negara, cita-cita berdasarkan kasih sayang dan sejenis itu menjadi sumber fokus ketika hendak memasuki meditasi.

Secara fisik ada yang berusaha “ mengosongkan pikiran “ dengan memfokuskan kepada “ bunyi nafas diri sendiri “ ketika awal meditasi, atau ada juga yang menfokuskan kepada nyala lilin atau ujung hidung sendiri.

Jika proses meditasi yang dilukiskan tersebut diatas dapat anda lakukan dengan tepat, maka anda dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam pengertian spiritual, yang akibatnya pasti baik untuk diri anda sendiri, mungkin juga bermanfaat untuk manusia lain.

Sesuatu itu jangan dijadikan tujuan meditasi, karena hasil sesuatu itu adalah hasil proses meditasi, bukan tujuan meditasi.

Jika dalam proses tersebut pikiran anda belum dapat anda “ kuasai atau hilangkan “ janganlah putus asa atau berhenti, tetapi juga memaksakan diri secara keterlaluan. Pengembangan selanjutnya dari proses meditasi tersebut, anda sendiri yang akan menemukan dan meneruskannya, karena berciri sangat pribadi.

Untuk dapat berhasil anda sangat perlu memiliki motivasi yang cukup pekat dan dalam, sehingga dengan tiada terasa anda akan bisa khusuk dalam keheningan bermeditasi. Jika menemui sesuatu, apakah itu cahaya atau suara atau gambaran-gambaran, jangan berhenti, teruskan meditasi anda.

Pengalaman sesudah keadaan demikian, hanya andalah yang dapat mengetahui dan merasakannya, karena tiada kata kalimat dalam semua bahasa bumi yang dapat menerangkan secara gamblang. Dalam keadaan demikian anda tidak lagi merasa lapar, mengantuk bahkan tidak mengetahui apa-apa lagi, kecuali anda tersadar kembali. Biasanya intuisi anda akan lebih tajam sesudah mengalami proses meditasi yang demikian itu, dan mungkin pula memperoleh “ pengetahuan “ tentang alam semesta atau lainnya.

orang harus melatih kepekaan hati agar tajam menangkap gejala dan tanda-tanda. termasuk ajaran tak boleh mengumbar nafsu makan serta tidur.

000ooo- – – – -ooooo – – – -00000

Dasar-Dasar Meditasi

Ini adalah sistem atas pikiran, yang sudah diubah agar sesuai dengan kehidupan manusia disaat ini, terutama kehidupan dalam rumah tangga. Sistem ini mencari untuk mendapat suatu keseimbangan yang sempurna atas pikiran manusia, bebas dari semua keinginan-keinginan yang mempengaruhi kehidupan kita disaat ini. Praktek ini memungkinkan kita untuk mengatur dan membersihkan pikiran dan dengan demikian memperkenankan kita untuk mengatur kehidupan kita. Setelah keadaan keseimbangan diperoleh, praktek ini membantu kita untuk mencapai tujuan akhir dari kehidupan manusia .

Praktek meditasi

Praktek meditasi dalam sistem ini memberikan perubahan kehidupan manusia secara alami dan dengan jalan yang mudah. Tidak ada ketegangan-ketegangan, perombakan-perombakan eksternal, kehidupan membujang atau larangan-larangan lainnya yang dipaksakan di dalam sistem ini agar menghasilkan perubahan-perubahan dalam kehidupan manusia.

Apa gunanya mengatur pikiran?

Akal manusia adalah pusat atau sumber dari semua pemikiran dan tindakan kita di dalam kehidupan ini. Hidup kita sepenuhnya dituntun dan dikemudikan dalam suatu arah sehingga kita benar-benar tidak mempunyai pilihan dalam keadaan tersebut. Hal ini berarti kita adalah budak dari keinginan-keinginan akal kita. Situasi sekarang yang mana menjadikan akal sesuatu yang sangat kuat dalam hidup kita adalah sama sekali salah dan ini menjadi penyebab dari seluruh kesengsaraan kita di dalam kehidupan. Akal hanya sebuah alat yang diberikan kepada kita untuk sebuah tujuan tertentu. Seperti seluruh alat-alat lainnya, harus dibawah pengawasan kita dan dipergunakan pada saat kita memerlukannya. Untuk membuat akal menjadi suatu alat yang sempurna, kita harus membersihkannya dari keinginan-keinginan yang kotor serta memperbaiki keseimbangan yang telah hilang. Oleh karena itu pembersihan dan pengaturan akal menghasilkan kebersihan atas pikiran-pikiran dan tindakannya dan pada akhirnya menghasilkan keteraturan dan kebersihan dalam hidup kita.

Tujuan kehidupan?
Kehidupan manusia dengan segala daya tarik dan juga penolakannya bukanlah akhir dari segalanya. Pada saat diciptakan oleh Tuhan, Tetapi melalui proses evolusi, kita telah mengembangkan tanda-tanda memisahkan diri yang biasa dikenal sebagai EGO (AKU), melupakan rumah Tuhan dan mengejar tujuan yang lebih rendah dalam kehidupan ini.
Tujuan nyata dari kehidupan kita sebenarnya adalah kembali ke asal Tuhan dan menjadi satu dengan pencipta, menghilangkan tanda-tanda yang memisahkan kita. Untuk mendapatkan-nya, kita harus mengadakan proses melihat ke dalam diri sendiri, untuk menjadi bagaimana kita pada saat jiwa diciptakan – sungguh suci . Hal ini hanya dimungkinkan kalau kita meninggalkan keinginan-keinginan kita, memusatkan pikiran pada satu titik dan mengalihkan arahnya ke dalam diri sendiri untuk menerangi jalan kita menuju Tuhan yang tinggal di dalam hati kita.
Apakah peranan dan keperluan akan seorang Master (Guru) dalam pencarian spiritual kita?
Kebutuhan seorang Master dalam wujud manusia. Ini benar-benar diperlukan untuk mendapatkan bimbingan yang tepat, yang mengetahui jalannya dengan baik dan telah tercapai tujuan akhir di dalam dirinya. Perjalanan spiritual untuk sampai kepada tujuannya penuh dengan perangkap-perangkap tersembunyi atas perasaan ego dan penipuan diri sendiri sehingga hampir tidak mungkin dapat mencapai tujuan akhir hanya oleh diri sendiri tanpa dukungan dan bimbingan dari seorang Master yang cakap.

Bagaimana saya menilai kemanjuran sistem meditasi ini?

Kemanjuran atas sistem ini bisa dinilai melalui proses perubahan yang timbul dalam tindakan kita hampir sejak hari pertama mempraktekannya. Pikiran yang ringan dan ketenangan di dalam diri, terasa. Ada pengurangan ketegangan mental dan pikiran, makin lama makin bersih. Sifat, sikap, cinta, keengganan, kebanggaan dan prasangka yang tidak baik, kemarahan dan sebagainya larut dalam suatu keadaan di dalam hati yang telah diciptakan melalui praktek rutin. Hati dibersihkan dari bermacam-macam kekotoran yang tertumpuk sebagai hasil atas pikiran dan perbuatan kita di masa lampau, dengan kekuatan spiritual. Sebagai hasilnya, ada pengurangan atas keinginan-keinginan yang mana telah mengganggu kita sebelumnya.

Apa yang sungguh luar biasa atau unik tentang sistem ini yang membedakannya dari sistem-sistem lainnya ?

Metode penyadaran diri (meditasi) yang telah disebutkan sebelumnya adalah aspek yang paling unik dalam sistem ini. energi jangan dikacaukan dengan napas. Ini adalah suatu kekuatan atau intisari suci..
Cleaning (pembersihan) dan penyelarasan (aliran kekuatan dari Master) menggunakan energi yang sama, oleh karenanya menjadi aspek yang khusus dari sistem ini. Master juga memberikan wewenang kepada instruktur di seluruh cabang – cabang klubmeditasi untuk melakukan pekerjaan ini yaitu penyelarsaan energi sehingga pelayanan pelatihan meditasi dapat diterima oleh masyarakat sebanyak mungkin.
Oleh karenanya setiap calon siswa meditasi harus menerima penyelarasan pembukaan dari Master yang akan melaksanakan pembersihan awal sehingga membuat meditasi dapat dilaksanakan. .
Aspek unik dari sistem ini adalah mengenal tanggung jawab duniawi dan membuat seimbang dengan praktek meditasi kita. Kita tidak diminta untuk meninggalkan harta milik tetapi dibantu untuk mengembangkan ketidak-terikatan di dalam pikiran kita. Sistem ini hanya meminta waktu dan penggunaan tenaga yang paling sedikit dan dirancang secara khusus untuk kehidupan manusia modern dan kehidupan rumah tangga. klubmeditasi dengan tegas menyatakan bahwa kehidupan di dalam rumah tangga adalah sekolah yang paling baik untuk perkembangan spiritual.

Apa praktek harian yang telah ditentukan untuk seorang pengikut?
Praktek ini terdiri dari 3 bagian :

1). Meditasi di pagi hari
2). Pembersihan di malam hari
3). Doa malam sebelum tidur.

MEDITASI

Mengapa saya harus meditasi ?

Kata meditasi berarti terus menerus memberikan perhatian atau menghentikan pemikiran pada satu pokok pikiran. kwalitas atau keadaan atas obyek yang kita meditasikan.
Oleh karena itu ketika kita meditasi pada sesuatu yang tidak kentara yaitu Tuhan, kita akan menghilangkan kekotoran kita dan mendapatkan kehalusanNYA. Sehingga tujuan tertinggi dalam kehidupan, jadi memungkinkan untuk dicapai.. Dan ini hanya bisa didapat melalui praktek terus menerus meditasi setiap hari dengan ketaatan yang tulus ikhlas.

Bagaimana saya menyiapkan diri untuk meditasi harian saya ?

Cara menyiapkan diri untuk meditasi di pagi hari diberikan seperti di bawah ini :

1. Bangun sebelum matahari terbit.
2. Sikat gigi dan cuci muka.
3. Mandi jika kamu merasa kotor (disarankan bahwa kamu mulai meditasi sepagi mungkin tanpa menghabiskan waktu pada aktivitas-aktivitas rutin seperti minum teh, baca koran, olahraga dan sebagainya).
4. Pakai pakaian yang longgar dan enak dipakai.
5. Tentukan satu waktu dan tempat khusus untuk meditasi setiap hari.
6. Beritahu anggota keluarga yang lain untuk tidak mengganggumu selama meditasi.
7. Mulailah dengan meditasi selama 30 menit. Tambah waktunya setelah kamu merasa cocok dan lakukan itu menjadi satu jam. Kalau kamu membuka mata sebelum waktunya, kamu dapat menutup matamu lagi dan meneruskan meditasi.
8. Duduk yang enak, santai tetapi punggung dan kepala tetap tegak. Kamu bisa duduk di lantai, di bangku, dengan punggung (bukan kepala) bersandar pada tembok. Kalau kepalamu tertunduk setelah kamu mulai meditasi (disebabkan karena kehilangan kesadaran), kamu tidak perlu khawatir tentang itu. Tiduran tidak diijinkan karena terlalu mengasyikkan sehingga dapat membuat kamu tidur.

Bagaimana saya meditasi?

Tutup mata dan mulai dengan suatu anggapan bahwa Cahaya Tuhan hadir di dalam hati. Setelah itu duduk santai dengan suatu sikap melihat ke dalam diri. Ini mudah sekali.

Haruskah Saya Mengulang-ulang Anggapan Tentang Cahaya Tuhan ?

Tidak. Dengan satu niat saja sudah cukup. Dengan anggapan tersebut, alam pikir bawah sadar dihubungkan dengan Tuhan yang ada di dalam hati selama seluruh periode meditasi. Alam pikir yang sadar mungkin mulai menghasilkan pikiran-pikiran lain, bayangan-bayangan dan sebagainya, tetapi kita dianjurkan untuk tidak memperhatikan hal-hal tersebut, karena ini adalah satu cara untuk membuang banyaknya pemandangan.

Catatan : – Mohon dimengerti bahwa dalam sistem ini tidak ada yang harus dikerjakan oleh akal setelah kita
memulai meditasi
– tidak ada konsentrasi atau pengulangan pemikiran seperti mantera. Sistem sebelumnya yang
rupanya menggunakan metode seperti itu hanya untuk mencegah atau menahan pikiran-pikiran.

Bagaimana Mungkin Meditasi Tanpa Akal Kita Melakukan Suatu Pekerjaan (Selama Meditasi)?

Bahwa pikiran sangat kuat. Oleh karena itu anggapan belaka pada saat mulai bahwa Cahaya Tuhan ada di dalam hati, sangat kuat untuk menghubungkan akal kita dengan Tuhan. Ini bisa dibandingkan dengan menyalakan sebuah lampu. Sambungannya akan terus menerus menyala dan tidak perlu harus terus menerus menekan tombolnya.

Haruskah Saya Mencoba Untuk Melihat Cahaya ILAHI Selama Meditasi ?

Tidak. bahwa ILAHI terlalu halus untuk ditangkap pancaindera. Meskipun cahaya masih bersifat kebendaan tetapi ILAHI tidak harus dilihat seperti sinar matahari, sinar bulan atau sinar listrik. Karena akal manusia tidak bisa meditasi pada sesuatu yang kosong. Kita menerima ILAHI sebagai suatu anggapan yang abstrak (tidak nyata) dan meditasi atas anggapan tersebut dan itu memberi gambaran yang jelas atas kesadaran kita di dalam diri.

Jadi Apa Yang Harus Saya Lakukan Selama Meditasi ?

Tidak harus mekukan apa-apa, kamu tidak aktif, kamu pasif selama meditasi. Meditasi adalah suatu keadaan menunggu KEBESARAN SANG MAHA / KEBESARAN ILAHI masuk kedalam diri kita. Ini cara yang paling alami, karena tidak ada aktivitas jasmani atau rohani dan kita mengambil suatu sikap PASRAH ATAU MENYERAH (pasif seluruhnya) .

Apa Yang Harus Saya Lakukan Jika Pikiran-Pikiran Saya Mengganggu Selama Meditasi ?

Kamu harus menganggapnya seperti pikiran tersebut adalah pikiran orang lain. Jadi ciptakan jarak antara dirimu dengan pikiran yang muncul.. Kalau anda mendapatkan dirimu terlalu terlibat dengan pikiran tersebut, anda disarankan untuk perlahan-lahan melepaskan pikiran tersebut dan membawanya kembali ke suasana awal (sebelum mulai meditasi), ucapkan lagi CAHAYA ILAHI / CAHAYA TUHAN / CAHAYA SANG MAHA ada di dalam hatimu. Bagaimanapun ini hanyalah persoalan yang sementara bagi siswa meditasi baru. Dengan meditasi setiap hari secara teratur, kamu akan menemukan bahwa pikiran tersebut kehilangan bebannya dan berhenti untuk mengganggu perasaan yang menginginkan ketenangan di dalam hatimu.

KEUNTUNGAN MEDITASI

Meditasi adalah suatu tingkatan dimana terjadi kedamaian dan ketenangan dalam pikiran kita, diam namun sepenuhnya siaga. Kekuatan utama dari meditasi adalah membawa kita secara nyata kedalam tingkatan kesadaran yang lebih tinggi yang akan membantu kita manusia untuk mendapatkan sebuah kebenaran dalam sebuah hal.
Melalui Meditasi yang rutin, beberapa keuntungan yang akan kita peroleh antara lain:
• Meningkatkan kesehatan dan memperkuat sistem pertahanan tubuh kita.
• Menghilangkan stress, keterikatan, dan sifat kemarahan.
• Meningkatkan konsentrasi dalam sekolah maupun kerja.
• Melenyapkan segala hal negatif dan gaya hidup yang merugikan diri sendiri.
• Memperkuat rasa percaya diri dan keyakinan diri.
• Meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang berguna dalam membangun hubungan dengan orang lain.
• Kebangkitan dari satu kesadaran yang lebih tinggi menuju sebuah dimensi kesadaran kolektif, didalam tahap ini dapat merasakan secara nyata perasaan diri sendiri dan orang lain.
Membuang segala prilaku yang tidak baik yang akan menyebabkan ketidak harmonisan hubungan antara individu, masyarakat dan budaya.

KEUNTUNGAN KESEHATAN

Bermacam-macam penyakit dan gangguan kesehatan erat kaitannya dengan ketidakseimbangan sistem energi yang sulit dipisahkan. Melalui meditasi, seseorang membangkitkan energi murni yang tidur dalam diri kita, melalui proses penyelarasan : dan segera memulai menerangi pusat energi yang sulit dipisahkan di dalam diri kita. kemudian bisa menyembuhkan, menyeimbangkan dan memelihara pusat energi yang sulit dipisahkan melalui teknik pembersihan sederhana yang diajarkan dalam klubmeditasi. Keseimbangan pusat energi akan meningkatkan status kesehatan dan kamu menjadi lebih kebal terhadap bermacam-macam penyakit. Keuntungan yang luar biasa, “ Sekali anda telah mengikuti penyelarasan dan melatihnya, kamu tidak perlu cemas dan khawatir akan kesehatanmu sama sekali.”
Kesehatan yang didapat dari klubmeditasi telah dibuktikan dari banyaknya anggota klub regular maupun online. Banyak orang juga telah mengobati diri mereka sendiri dari penyakit seperti tekanan darah tinggi, sakit asma, epilepsi, kencing manis, kanker dan lain-lain.

MENINGKATKAN KENYAMANAN TIDUR

Manfaat yang diperoleh secara nyata dari melatih Meditasi adalah seseorang akan mendapatkan tidur yang lebih baik, lebih dalam dan bangun dalam keadaan lebih segar. Banyak orang kesulitan untuk tidur, menderita penyakit atau tidurnya tidak memuaskan, yang mana mereka menyalahkan segalanya dari cuaca tidak baik, tempat tidur tidak baik dan lain-lain. Sesungguhnya, banyak hal yang menyebabkan seseorang susah tidur yaitu kesibukan pikiran, pengalaman masa lalu, cemas akan masa depan. Melalui Meditasi semua itu dapat diatasi dan anda akan mendapatkan tidur yang nyaman dan menyehatkan.

PENGENDALIAN STRESS

Hubungan antara sistem pusat energi dan emosi, phisik dan kesehatan mental, berhubungan dengan energi Yin (emosi, keinginan dan masa lalu) dan energi Yang (kegiatan kita dan pikiran masa depan). Stress adalah hasil dari ketidakseimbangan antara kedua energi tersebut, sebagai akibat dari kelebihan kerja dan pemaksaan terhadap sistem pusat energi kita.
Melalui Meditasi, kita dapat belajar cara menyeimbangkan kedua energi tersebut dan menikmati keseimbangan dalam kehidupan, kedamaian dan ketenangan.

PENGEMBANGAN DIRI

Kebangkitan energi rohani yang tidur “Kundalini” menyempurnakan peningkatan dan perubahan positif di dalam kepribadian kita. Dengan praktek, seseorang akan menemukan bahwa banyak kualitas bawaan dari pusat energi kita yang menjadi nyata dalam hidup kita. Kita menjadi secara otomatis menjadi lebih dinamis, kreatif, yakin dan pada waktu yang bersamaan penuh kesederhanaan, berbelas kasih dan penuh kasih sayang. Banyak individu, yang praktek Sahaja Yoga, juga menemukan bakat bawaan mereka sendiri dan potensi dalam banyak hal ( contoh seni, musik, kemampuan pidato dll) dan secara berangsur-angsur berkembang pada tingkatan yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya.
Pelaksanaan Meditasi juga akan meningkatkan fokus mental, konsentrasi dan peningkatan tenaga. Dengan pikiran yang tenan dan waspada, tidak heran banyak praktisi Sahaja Yoga yang mampu menghadapi segala tantangan dalam kehidupannya.

PENINGKATAN EKONOMI

Banyak yang melaksanakan meditasi ini mendapatkan manfaat ekonomi, seperti peningkatan moralitas akan menyebabkan pengurangan konsumsi terhadap minuman, obat-obatan, kesenangan material berlebihan, keinginan yang berlebihan. Sehingga jelas akan menghemat pengeluaran dan akan meningkatkan kemampuan eknomi. Dan kemampuan sosial yang meningkat, kepercayaan diri jelas akan membawa dampak bagi orang sekelilinginya dan banyak relasi bisnis yang akan senang bergaul dengannya. Ini akan membuka banyak kesempatan dan peluang. Kedamaian dan ketenangan pikiran dan jiwanya akan membuka banyak peluang baru, dan orang-orang serta para relasi bisnis akan senang bergaul dengannya.
Jadi tidak mengherankan jika para praktisi meditasi dapat hidup penuh ketenangan, kedamaian dan mendapatkan banyak peluang-peluang yang menguntungkan hidupnya.
Masih banyak keuntungan lainnya, yang dapat anda rasakan dan terlalu banyak untuk diceritakan. Mungkin sebaiknya anda mengalaminya sendiri, dan ini adalah keuntungan anda sendiri, anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk merubah dan memperbaiki hidup anda kearah yang lebih baik, cukup rutin melakukan meditasi.

17 Responses “OLAH BATIN DENGAN MEDITASI” →

  1. Kriswinanto

    Februari 20, 2009

    Setuju yg di katakan Ki Bayu. pada intinya meditasi itu menurut saya, menghilangkan segala macam berhubungan dgn duniawi saat melakukan meditasi, yg perlu di catat tujuan kita apa ? Ada kalanya org ingin menenangkan diri, ingin berkomunikasi dgn Pencipta/ Gusti dgn cara doa, ingin mengasah batin dll. Tapi yang jelas tujuan utama mendekatkan diri pada Gusti kang hakaryo jagat/ penentu nasib manusia. kalau Gusti ngijabani/mengijinkan apa yg kita minta, semua akan terjawab. Karena Tuhan tahu pantas dan tidaknya klita diberi nugroho untuk bisa membaca tanda-tanda zaman, bukan berarti mengetahui sebelum terjadi. trm

  2. saya tertarik dengan artikel ini, tapi saya agak bingung antara meditasi atau dalam istilah jawanya bertapa untuk mendapatkan ilmu gaib. sebenarnya adakah perbedaannya?
    Salam hormat
    Turino

    Jawaban kibayu:

    Saudara turino….

    -Yang pertama, dengan bertapa artinya dengan melakukan cara menahan/ mengurangi makan-minum, tidur dan bicara dalam waktu tertentu atau tidak tentu untuk mencapai keinginan.
    -Yang kedua: Dengan berlatih Meditasi/mengembangkan kesadaran dan melatih pikiran atau meditasi hingga mencapai tingkat pencerahan.

    demikian,semoga bermanfaat
    terimakasih atas kunjungannya
    salam hormat kembali untuk anda
    kibayusejati

  3. Saya SMA meditasi sambil berdzikir, pikiran saya kosong tapi sebenarnya tidak kosong, saya berkonsentrasi secara relax melafalkan bacaan saya.

    Apa yang saya lakukan ini bermeditasi atau berdzikir semata? Dalam pelaksanaannya saya berniat beribadah dan sekaligus ingin membuka aliran aura yang tersumbat.

    jawaban kibayu:

    yang dilakukan sudah benar, tetapi jangan dipaksakan juga dpat mengikuti pada refrensi yang ada.

  4. asasalam mualaikum, ki bisa kirimin cara membuka mata ketiga ke email saya.. trim’s.wassalam

    jawaban kibayu:

    langsung aja copy paste dari arikel dan penuhi semua tata caranya agar ada tuahnya

  5. terimakasih banyak,ki bayu. saya setuju dengan semua yg anda paparkan.setidaknya anda telah memberi masukan kepada saya atau pembaca lainnya.kita manusia hanya menjalani ritual pengembalian.dari suci kesuci.

    jawaban kibayu:
    terimakasih saudara yan


  6. Moh.Ashari,SSos,MM

    November 18, 2009

    mohon ijin saya save ki banyu, dan mohon tanya apa beda antara meditasi dengan iktikaf, uzlah, ki dan terima kasih atas jawaban kibayu


  7. Moh.Ashari,SSos,MM

    November 19, 2009

    mohon
    ijin saya save ki banyu, dan mohon tanya apa beda antara meditasi
    dengan iktikaf, uzlah, ki dan terima kasih atas jawaban kibayu

  8. mantap bang,apa pula bedanya dengan “tidur tp tdk tidur” itu?apa sama?trus mana yg lbh instan?btw sampai saat ini saya blm bisa jg tuh “tidur tp tdk tidur”nya bang, selalu bablas ketiduran sampe pagi/siang hehehehe
    mhn petunjuknya bang,terima kasih
    salam dari papua

    jawaban kibayu:

    “Tidur tetapi tidak tidur” diibaratkan kondisi bawah sadar posisi “alpha dan theta” yaitu frekwensi 13,9-8 dan 8,9-4. maka harus terus dilatih. atau berikan afirmasi sebelumnya berupa pesan singkat untuk “bawah sadar” melalui alam “sadar” sebab alam sadar (12%) itu meski lebih sedikit dari alam bawah sadar (88%) tetapi berfungsi sebagai kontrol dan gerbang masuk ke alam bawah sadar (alpha dan theta). seandainya ketiduran itu berarti sudah di fase delta.
    baiklah..
    Salam persaudaraan dari kibayusejati saudaraku yang dipapua. met tugas.


  9. ebied sugiantoro

    Desember 15, 2009

    saya berterimakasih bayak tentang ulasan ini, sangat menarik sekali untuk dibaca dan dterapkan. namun ada satu pertanyaan yang ingin saya tanyakan..
    apakah dengan meditasi kita bisa membuka ketajaman pikir, kepekaan hati?

    jawaban kibayu:
    sepertii itulah kalau kita sudah merasakan yang dirasa

  10. ki bayu, , ,

    saya seorang yang pernah belajar tentang ilmu batin, , ,
    masalah yang saya hadapi sekarang adalah, ,
    saya mengetahui sesuatu yang salah tetapi hati ini sulit untuk meninggalkan hal yang salah itu, ,
    bagaimana cara’y untuk mengontrol diri dan hati ini agar saya bisa menjadi seperti dulu lg, , ,

    terima kasih, , ,


  11. Antoni Nugraha

    Januari 20, 2010

    saya mohon bimbingannya, mohon izin untuk mengkopy, sebelum dan sesudahnya mohon maaf apabila merepotkan dan terimakasih

  12. Ki maaf mau tanya2 lagi nih.

    Kadang kalau menjelang tidur ada hal aneh terjadi sama saya. Ada getaran yang membuat tubuh saya tidak bisa bergerak (Mirip saat olah pernafasan pada meditasi), diawali seperti gelombang pada leher lalu merambat keseluruh tubuh, lalu dari telinga terdengar suara brisik orang-orang yang berbicara seperti dipasar tapi tidak tau bahasa apa yang digunakan, jika kontrol kesadaran saya hilang saya masuk ke alam mimpi, tapi jika kontrol kesadaran saya tetap, saya mesih bisa merasakan getaran tersebut, namun jika terlalu sadar maka saya terbangun. Biasanya saya mengalami ini pagi hari, setelah bangun dan hendak tidur lagi karna mata masih lelah.

    Yang saya mau tanya, bagaimana caranya agar saya bisa mengulanginya setiap hari?

    Saya ingin tau lebih dalam apa yang terjadi pada tubuh saya.

  13. kalau menurut aku sih,kita harus selalu ingat bahwa kita ada dalam laahaula waala quwata ila bilahil aliyil adhim,maka dari itu hanya alloh lah yang akan selalu memberi pertolongan,berarti dalam situasi apapun harus selalu berserah diri kepada alloh swt.dan hanya kepada alloh lah kita meminta dari segala urusan dunia dan urusan agama.begitu kurang lebihnya.mohon di ma’afkan bila ada ksalahan kata2.maklum bukan ustaz apalagi kiyai.


  14. Tulus R

    Juni 3, 2010

    Salam buat Aki,
    Ki, saya pada dasarnya sudah melakukan apa-apa yang aki anjurkan, bahkan zikir pun saya lakukan walaupun saya tdk dalam kondisi bermeditasi. Hingga saat ini saya belum merasakan sesuatu yang siknifikan hanya kepala bagian belakang ini agak sedikit sakit (pusing ). Bagaimana ini Ki mohon pencerahan, Matur sembah nuwun.


  15. H.Lahamuddin

    Juli 3, 2010

    Assalamu Alaikum Wr.Wb.Ki Bayusejati,sy suka skali tentang meditasi,tapi yang paling sulit bagi sy adalah konsentrasi.Bagaimana caranya supaya lebih mudah konsentrasi? Dan apa tandanya kalau kita sudah berhasil dalam meditasi?
    Tolong jawabannya Ki….


  16. fiandra

    Agustus 9, 2010

    ASS.WR.Wb.ki saya mau tau bagaimana cara supaya kita bisa mempunyai/mempelajari ilmu kontak (pukulan jarak jauh) secara aman dan secara islami tentunya sekian terima kasih.
    Wass.Wr.Wb

  17. bgimsna p byu utkmenghilangkan setres

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.218 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: