ANTI TIDUR

Kalau kita disuruh memilih dua pilihan: antara tidak tidur dan tidak makan untuk beberapa hari, mungkin sebagian orang memilih lebih baik tidak tidur dari pada tidak makan. Kenapa demikian? mungkin saja mereka berfikir apabila tidak makan dalam beberapa hari akan mengakibatkan sakit.

Hemat saya pilihan itu merupakan pilihan yang salah, sebab apabila seseorang tidak makan dalam 3 hari kondisinya masih mampu bertahan karena didalam tubuhnya masih ada kandungan air yang mampu memberi subsidi kepada bagian tubuh yang lain dalam kondisi apapun. Menurut pendapat pakar kesehatan, manusia sehat mampu bertahan tanpa makan minum hingga 60 hari lamanya.

Apa yang terjadi seandainya boleh makan tetapi tidak boleh tidur dalam beberapa hari? apalagi tidak boleh tidur dalam 3 sampai 10 hari, tentu saja hanya orang-orang terlatih yang mampu bertahan tidak tidur dalam waktu begitu lama. Sebab dalam 24 jam tubuh kita membutuhkan istirahat beberapa jam untuk refres atau keselarasan.

Tidur bisa saja dilakukan siang maupun malam, dan yang lazim dilakukan  orang adalah tidur pada malam hari selama 5 sampai 8 jam ditambah tidur sedikitnya 1 hingga 2 jam pada siang hari. Jika kelaziman tidur ini dilakukan dengan benar maka tubuh akan selalu segar dan awet muda.

Jika seseorang tidak mau tidur dalam beberapa hari atau beberapa jam karena bekerja sebagai piket, seperti TNI, POLRI, SATPAM, Security, HAnsip, Siskamling dan sebagainya, sebagai ikhtiar selain minum kopi dan merokok saya menukilkan suatu amalan yang Insya Allah berguna untuk mengusir “hantu tidur”. Dengan menyingkirnya hantu tidur maka rasa kantuk tidak akan datang menyerang.

Inilah amalam yang dimaksud:

“Bismillahhirrahmaanirraahim

Inna rabbakumullaahulladzii khalaqassamawaati wal ardhi

fii sittati ayyaamin tsummastawaa ‘alal ‘arsyi

ila minal muhsiniin”

Caranya:

Bacakan 11x ketika mata sedang diserang kantuk (mengantuk) pada air dalam mangkuk lalu AIRNYA sapukan kewajah.

WALLAHU A’LAM

One comment

Komentar ditutup.